TAUTAN PERENCANAAN EKONOMI, PERENCANAAN FISIK DAN SOSIAL


  • Terminologi perencanaan fisik dan perencanaan ekonomi telah dikenal umum di berbagai negara di dunia, tetapi terminologi perencanaan sosial kurang umum dijumpai di negara maju di Dunia Barat (sampai saat ini terminologi perencanaan sosial tidak pernah digunakan di Inggris).  Terminologi perencanaan sosial dikenal di negara-negara berkembang atau negara Dunia Ketiga (termasuk Indonesia) dan negara totalitarian.

  • Pada lingkup negara, pada awalnya perencanaan dimulai dengan  perencanaan ekonomi dengan tujuan untuk mengelola secara sistematis aset nasional untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Kebijakannya kemudian ditindaklanjuti dengan perencanaan fisik yang dijabarkan mulai dari tingkat nasional sampai lokal, yang diwujudkan dalam berbagai bentuk program dan proyek pembangunan. Kegiatan pembangunan menimbulkan berbagai dampak (positif maupun negatif) pada kehidupan sosial masyarakat. Kondisi inilah yang mendorong perlunya perencanaan sosial bagi masyarakat  yang belum mendapat keuntungan dari kegiatan ekonomi dan fisik.

  • Perkembangan selanjutnya menunjukkan; seiring dengan era demokrasi; muncul tuntutan untuk mengendepankan peranserta masyarakat.. Sehingga perencanaan sosial bisa dilakukan pada tahap manapun. Bisa dilakukan sebelum, bersamaan atau sesudah perencanaan ekonomi dan perencanaan fisik, dimana perencanaan sosial dilakukan melalui pendekatan community based development.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: